Pendaftar PPDB Jalur Zonasi di SMAN 2 Martapura Membludak

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Martapura, Selasa (29/6/2021) membludak. Dari kuota yang disiapkan 8 rombongan belajar atau 256 calon siswa yang diterima di SMAN 2 Martapura.

Jalur zonasi membludak pendaftarnya, seharusnya hanya 128 calon siswa, justru pendaftarnya mencapai 140 lebih calon siswa. Idealnya 256 calon siswa. Itu dibagi prosentasinya untuk jalur zonasi 50 persen, prestasi 30 persen, afirmasi 15 persen dan mutasi orangtua 5 persen. Menyikapi kondisi jalur zonasi yang melebihi prosentasi dan kekkhawatiran ada calon siswa pendaftar yang terbuang.

Kepala SMA Negeri 2 Martapura, Saryono mengatakan hal itu sudah diantisipasi dengan penambahan kuota jalur dan tidak akan terjadi calon siswa terbuang. Menurut Saryono, kuota jalur yang sepi pendaftar di hari kedua PPDB adalah jalur prestasi, jalur afirmasi dan jalur mutasi.

Saryono menjanjikan akan menambah prosentasinya jalur zonasi menjadi 60 persen dengan melihat sepinya pendaftar jalur lainnya pada hari terakhir PPDB pada 30 Juni 2021 ini.

“Kemungkinan menambah kuota jalur zonasi yang peminatnya banyak. Nanti dicari rangking yang terbawah akan masuk agar tidak ada calon siswa yang terbuang,” katanya. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Leave a comment